Selasa, 10 Januari 2012

Pertolongan Pertama (pada gunung hutan)

Pemberian Pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera / kecelakaan yang memerlukan penangan medis dasar.

Medis Dasar: Tindakan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran yang dapat dimiliki oleh awam atau awam yang terlatih secara khusus.
 Tujuan Pertolongan Pertama
  • Menyelamatkan jiwa penderita
  • Mencegah cacat
  • Memberikan rasa nyaman dan menunjang upaya penyembuhan
Cedera
Cedera yang melibatkan jaringan kulit, otot, saraf atau pembuluh darah akibat suatu ruda paksa. Keadaan ini umumnya dikenal dengan istilah luka.  Beberapa penyulit yang dapat terjadi adalah perdarahan, kelumpuhan serta berbagai gangguan lainnya sesuai dengan penyebab dan beratnya cedera yang terjadi. Cedera yang melibatkan jaringan kulit, otot, saraf atau pembuluh darah akibat suatu ruda paksa. Keadaan ini umumnya dikenal dengan istilah luka.  Beberapa penyulit yang dapat terjadi adalah perdarahan, kelumpuhan serta berbagai gangguan lainnya sesuai dengan penyebab dan beratnya cedera yang terjadi

Klasifikasi luka :

  1. Luka Terbuka: Cedera jaringan lunak disertai kerusakan/terputusnya jaringan kulit yaitu rusaknya kulit dan bisa disertai jaringan di bawah kulit
  2. Luka Tertutup: Cedera jaringan lunak tanpa kerusakan/terputusnya jaringan kulit, yang rusak hanya jaringan kulit
Jenis Luka Terutup:
  1.     CEDERA KARENA HIMPITAN KUAT: Gejala dan tanda sangat tergantung dari besarnya gaya himpitan yang dialami bagian tubuh tersebut, mulai dari memar sampai dengan luka terbuka
  2.   CEDERA REMUK: Pada keadaan yang hebat dapat terjadi remuk pada jaringan tulang dan kehancuran jaringan bawah kulit lainnya.  Cedera remuk dapat berupa luka terbuka maupun luka tertutup.
Penutup Luka
Penutup luka adalah bahan yang diletakan tepat di atas luka. Bahan yang dipakai sebaiknya berdaya serap baik dan cukup besar untuk menutup seluruh pemukaan luka, seperti kasa steril. Dalam keadaan darurat semua bahan yang relatif bersih dapat dimanfaatkan sebagai penutup luka.Jangan memakai bahan yang mudah melekat di luka misalnya kapas, tisu dan lain-lainya. Penutup luka ada yang mengandung obat, bacalah aturan pakai terlebih dahulu bila akan menggunakan bahan ini.
FUNGSI PENUTUP LUKA :
  1. Membantu mengendalikan perdarahan
  2. Mencegah kontaminasi lebih lanjut
  3. Mempercepat penyembuhan
  4. Mengurangi nyeri.
Penyakit yang biasa menyerang
1.      Hipotermia
Penyakit yang biasa timbuk akibat perubahan cuaca yang ekstrim, hipotermia terbagi dua hipotermia basah dan hipotermia kering.
Penanganan hipotermia :
a. Evakuasi korban ke tempat yang lebih nyaman
b. Ganti pakaian dengan pakaian yang layak
c. Jaga kesadaran pasien
2.      Keracunan
Keracunan bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti makanan atupun karena gigitan ular. Penanganan keracunan  bisa dengan menggunakan susu, dsb penanganan dilakukan sedini mungkin.
3.      Kutu air
Kutu air adalah penyakit yang disebabkan karena adanya bakteri yang hidup. Kutu air bisa terjadi karena kondisi kaki yang kotor dan lembab. Pencegahan kutu air bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan dari kaki dan menjaga agar kondisi tetap kering. Jika serangan sudah terjadi dengan parah sebaiknya langsung dilakukan dengan memberikan antibiotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikutip dari: http://ade-tea.blogspot.com/2011/05/kursor-diikuti-jam-dan-tanggal-v2.html#ixzz1eUnkIGUV